Visi dan Misi

Visi dan Misi Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan

            Cita-cita Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan dalam pembangunan pendidikan lebih menekankan pada pendidikan transformatif, yaitu menjadikan pendidikan sebagai motor penggerak perubahan dari masyarakat berkembang menuju masyarakat maju. Pembentukan masyarakat maju selalu diikuti oleh proses transformasi struktural, yang menandai suatu perubahan dari masyarakat yang potensi kemanusiannya kurang berkembang menuju masyarakat maju dan berkembang yang mengaktualisasikan potensi kemanusiannya secara optimal. Bahkan, pada era global sekarang, transformasi itu berjalan dengan sangat cepat yang kemudian mengantarkan masyarakat Ogan Komering Ulu Selatan pada masyarakat berbasis pengetahuan.

 

            Penurunan Visi Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan berasal dari visi Kepala Daerah Kabupaten OKU Selatan yang terpilih yaitu Terwujudnya OKU Selatan yang bermartabat, Religius, Sejahtera, Aman, Maju dan Adil. Untuk membangun OKU Selatan menjadi daerah yang sejajar secara ekonomi, sosial dan budaya dengan daerah lain yang telah maju di tanah air, sehingga terciptamasyarakat yang adil, sejahtera dan mandiri yang dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat OKU Selatan Maka Guna menyelaraskan Visi dan Misi Kepala Daerah yang terpilih maka Dinas Pendidikan Kabupeten OKU Selatan membuat Visi sebagai berikut ” TERWUJUDNYA MASYARAKAT OKU SELATAN YANG CERDAS 2021 “. Makna Insan OKU Selatan yang Cerdas dan beriman.

 

Cerdas spiritual

Beraktualisasi diri melalui olah hati/kalbu untuk menumbuhkan dan memperkuat keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia termasuk budi pekerti luhur dan kepribadian unggul

Cerdas emosional

dan sosial

Beraktualisasi diri melalui olah rasa untuk meningkatkan sensitivitas dan apresiativitas akan kehalusan dan keindahan seni dan budaya, serta kompetensi untuk mengekspresikannya.

Beraktualisasi diri melalui interaksi sosial yang (a) membina dan memupuk hubungan timbal balik; (b) demokratis; (c) empatik dan simpatik; (d) menjunjung tinggi hak asasi manusia; (e) ceria dan percaya diri; (d) menghargai kebhinekaan  dalam bermasyarakat dan  bernegara;  (e) berwawasan kebangsaan dengan kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara.

Cerdas intelektual

- Beraktualisasi diri melalui olah pikir untuk   memperoleh kompetensi 

   dan kemandirian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

- Aktualisasi insan intelektual yang kritis, kreatif, inovatif dan imajinatif.

Cerdas kinestetis

- Beraktualisasi diri melalui olahraga untuk mewujudkan insan yang sehat,  

   bugar, berdaya tahan, sigap, terampil dan trengginas

- Aktualisasi insan adiraga

 

Tema pembangunan pada kurun waktu 2016-2021 difokuskan pada penguatan layanan pendidikan menjadi layanan prima pendidikan. Yang dimaksud dengan layanan prima pendidikan adalah layanan pendidikan yang:

  1. tersedia secara merata di seluruh pelosok lingkup wilayah Kabupaten OKU Selatan;
  2. terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat;
  3. berkualitas/bermutu dan relevan dengan kebutuhan kehidupan bermasyarakat, dunia usaha, dan dunia industri;
  4. setara bagi warga masyarakat dalam memperoleh pendidikan berkeualitas dengan memperhatikan keberagaman latar belakang sosial budaya, ekonomi, geografi, gender, dan sebagainya; danmenjamin kapasitas bagi warga masyarakat mengenyam pendidikan dan menyesuaikan diri
  5. menjamin kapasitas bagi warga masyarakat mengenyam pendidikan dan menyesuaikan diri dengan tuntutan masyarakat, dunia usaha, dan dunia industri. Seiring untuk mewujudkan Visi tersebut maka Dinas Pendidikan Kabupetan OKU Selatan memuat langkah – langkah penggapaian dalam bentuk Misi, yang juga mengacu pada Renstra Kemendiknas, Misi ini di kenal dengan istilah 5 K, penjabarannya antara lain sebagai berikut :
  1. Meningkatkan Ketersediaan Layanan Pendidikan
  2. Meningkatkan Keterjangkauan Layanan Pendidikan
  3. Meningkatkan Kualitas/Mutu dan Relevansi Layanan Pendidikan
  4. Meningkatkan Kesetaraan dalam Memperoleh Layanan Pendidikan
  5. Meningkatkan Kepastian/Keterjaminan Memperoleh Layanan Pendidikan

 

Dinas Pendidikan kabupaten OKU Selatan menyadari bahwa visi dan misi tersebut dapat terwujud apa didukung dengan penerapan tata nilai yang sesuai dan mendukung usaha-usaha pelaksanaan misi dan pencapaian visi. Tata nilai merupakan dasar sekaligus arah bagi sikap dan perilaku seluruh pegawai dalam menjalankan tugas. Tata nilai juga akan menyatukan hati dan pikiran seluruh pegawai dalam usaha mewujudkan layanan prima pendidikan. Tata nilai yang dimaksud adalah amanah, profesional,visioner, demokratis, inklusif, dan berkeadilan. Dari Visi dan Misi Dinas Pendidikan Kabupaten diatas maka tercetusla suatu motto yaitu ” MELAYANI DENGAN AMANAH”